Anak Gembel Dari Dieng

Pernah denger istilah anak gembel? Bukan gembel anak jalanan loh ya,.,.Hari senin pagi sekitar jam 6.30, saya nonton Acara Ja Zirah di TransTV, ada ulasan tentang anak gembel dari daerah Dieng. Unik, karena menurut warga sekitar anak gembel itu adalah titisan dari salah satu tokoh penyebar islam di daerah dieng (duh, saya dh inget-inget tpi tetep lupa euy namanya ). Trus apaan tuh anak gembel? anak gembel adalah,.,., maaf nih saya jg kurang jelas, jd rada bingung jelasin secara detilnya, haha :) yang jelas secara fisik perbedaan antara anak gembel dan anak yang normal terlihat dari rambutnya. Rambut anak gembel bentuknya gimbal, gimbalnyapun berbeda-beda, ada yang gimbal kecil, besar atau ada yang hanya sebagian rambutnya saja yang gimbal. Secara prilaku juga, anak gembel cendrung susah diatur dan mempunyai kemauan yang keras, apa yang diinginkan harus terlaksana, soalnya kalo ga diturutin mereka bisa ngamuk. Yang unik lagi rambut anak gembel tidaklah tumbuh begitu saja, juga bukan bawaan dari lahir. Konon rambut anak gembel tumbuh setelah anak tersebut mengalami sakit diwaktu kecil, jadi menurut orang tua yang memiliki anak gembel, sebelumnya rambut anak mereka biasa saja, namun setelah mengalami sakit panas yang tak kunjung turun, rambut anak gembel mulai tumbuh, setelah rambut gimbal itu tumbuh maka anak tersebut akan sembuh dari sakitnya, tapi kalo rambut gimbal itu di potong sembarangan mereka akan sakit-sakitan lagi. Hmmm.,. aneh juga ya ?

Untuk mengatasi itu, warga sekitar akan melakukan ritual ruat, dan memotong rambut anak mereka pada usia 5 samapi 12 tahun. Ya, satu-satunya cara agar anak gembel bisa hidup secara normal adalah dengan memotong rambutnya, namun bukan sembarangan potong, karena harus melakukan ritual ruat untuk melakukan hal tersebut, dan syaratnya harus menyediakan atau menuruti permintaan anak tersebut ketika melakukan ritual tersebut. Aneh-aneh syarat yang di pinta anak gembel, tapi semuanya harus dituruti, karena jika tidak anak tersebut akan terus sakit-sakitan sampai dewasa. Dan bila ritual tersebut sudah dilakukan dan syarat sudah terpenuhi anak gembel anak berubah menjadi anak yang sehat, dan bisa berbaur dengan masyarakat layaknya anak sebayanya. Hmm,., memang sangat aneh dan unik ya, benarkah cerita dibalik keunikan anak gembel tersebut? Ya, mene ketehe, wong saya juga denger na dari TV, hehe,.,

2 comments:

Tony said...

wah kadang susah di mengerti ya bisa begitu

KudaLiar said...

yg "menitipkan" namanya Kyai kolodete. tapi sampai tahun 2000, mitos nya sempat ada dua, satu lagi titipan dari Ratu Kidul. tapi setelah saya konfrontasi dgn Penasehat Ratu Kidul, Kaki Tunggul semar dan konfirmasi dari Kyai Kolodete nya, mitos tsb jadi satu, yaitu titipan dari Kyai Kolodete

Post a Comment

Kasih Comment na Dunk

 
My Blog is proudly powered by Blogger.com Design by Khotib