Benarkah Negara Kita Sudah Merdeka?

Tahu kah anda berapa hutang Indonesia saat ini? Berdasarkan data Depkeu, total keseluruhan hutang luar negeri bangsa kita ini mencapai 59,05 miliar dollar AS. Dengan perincian:
  • 30,43 miliar dollar AS dari kerja sama bilateral antarpemerintah
  • 17,94 miliar dollar AS dari lembaga keuangan multilateral antara lain Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia
  • Dan sisanya adalah hutang dalam bentuk kredit ekspor, yakni sebesar 10,59 miliar dollar AS.
Apa hutang negara kita hanya segitu? tentu tidak, anda akan tercengang lagi bila mendengar hutang dalam negeri Indonesia, yaitu sebesar 86 miliar dollar AS, wow.,, bila kurs mata uang dollar AS saat ini sebesar Rp. 9200, berapa besar hutang kita ya ( itung sendiri yah, saya mumet mikirinnya,hehe) bukan uang yang sedikit tentunya. Coba uang pinjaman itu digunakan untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat, pasti tidak ada berita orang meninggal dunia karena kelaparan, sayangnya sebagian uang yang dipinjam itu disinyalir telah di salah gunakan oleh para koruptor.

Saya jadi ingat perkataan dosen saya tentang definisi kemerdekaan. “Orang yang merdeka adalah orang yang bebas dari bantuan finansial dari orang lain”. Lalu dengan keadaan yang demikian apakah bangsa kita sudah bisa dibilang merdeka? mungkin 63 tahun yang lalu Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta telah memproklamirkan kemerdekaan bangsa ini, tapi kenyataanya sekarang kita masih saja seperti anak ayam yang takut kehilangan induknya. Kita terlalu terpaku dengan investasi dari pihak luar, bayangkan saja berapa banyak instansi-instansi di negeri ini? dan berapa banyak yang merupakan milik orang negara kita? saya tidak tahu banyak tentang masalah ini, tapi yang pasti lebih banyak punya orang asing. Lalu apakah dengan itu semua kita bisa dibilang merdeka? mungkin secara fisik kita sudah merdeka, tapi dari segi finansial kita masih belum bisa dikatakan merdeka, toh kita masih sangat tergantung dengan para investor asing, bahkan presiden SBY berupaya menarik lebih banyak lagi para investor asing. diantanya dari negara Arab Saudi, Kuwait, Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain, dan Oman.
Yah biar bagaimana pun yang dilakukan presiden kita saat ini mudah-mudahan merupakan langkah yang baik untuk perkembangan negara kita, kita doakan saja supaya negara kita terbebas dari keadaan yang tidak mengenakan ini.

ps : sumber diambil dari koran Kompas terbitan 22 Maret 2008


2 comments:

OOM said...

waks..kapan bisa kebayar ya..

khotib said...

@oom
iya yah., kpan bsa lunas tuh utang ya.,., haduh mumet om mikirinnya.,.,

Post a Comment

Kasih Comment na Dunk

 
My Blog is proudly powered by Blogger.com Design by Khotib