Ngeblog Cuma Buang-Buang Waktu? Engga deh,.,.

Pernah ga anda berfikir kalo kita ngeblog ini Cuma buang-buang waktu saja? Saya rasa sih hanya sebagian kecil saja. Saya posting tulisan ini karena teringat ucapan teman kepada saya waktu pertama kali saya memulai blogging, kira-kira dia bilang begini “ngapain sih lo ngeblog buang-buang waktu aja tau”. Pada saat itu sih saya Cuma senyum-senyum aja, dalem hati saya bilang "kayanya lo deh yg buang-buang waktu" soalnya pada saat itu dia lagi seneng-senengnya maen game online, sementara saya udah beralih dari game online ke blogger senyum. Kalo saya pribadi sih ngeblog itu banyak untungnya, pertama kita bisa punya temen baru walaupun cuma di dunia maya, kita bisa dapet ilmu baru,bisa dapet duit pula siul. Lalu bagaimana sih agar kegiatan ngeblog kita ini jadi ga sia-sia?

Semua yang saya tulis disini hanya berdasarkan pengalaman pribadi saja, jadi jika ada yang tidak sesuai atau bahkan salah mohon dimaklumi, dan kalo bisa dikoreksi senyum.
  1. Mulai ngeblog dengan sepenuh hati
  2. Ini hukumnya wajib, soalnya kalo kita ngeblog ogah-ogahan gimana kita bisa ngerasain enaknya ngeblog malu.
  3. Menulis dengan kemampuan masing-masing
  4. Jangan memaksakan diri menulis sesuatu yang kita ngga ngerti sama sekali. ya jelaslah, kalo kita ngga ngerti tentang apa yang mau kita tulis gimana kita bisa mulai nulisnya. kan bisa Copy-paste? nah, apa lagi ini, jangan lakukan copy paste karena banyak ruginya takbole, kalo hanya beberapa artikel dan itu dianggap penting serta udah dapet ijin dari penulis aslinya sih ngga jadi masalah, tapi kalo hampir sebagian artikel kita hasil copy paste? kapan kita bisa menuangkan ide-ide kita? bukannya ngeblog itu sarana untuk menuangkan ide-ide yang ada dikepala serta berbagi ilmu dengan para pengunjung?
  5. Jangan sungkan berbagi ilmu
  6. sekecil apa pun ilmu yang kita punya, berbagilah kepada semua. untuk saya sendiri ada kesenangan tersendiri bila bisa berbagi ilmu yang saya bisa, walaupun ilmu yang saya kasih masih cetek, atau bahkan udah banyak orang yang nguasainya, namun pengguna internet itu kan luas, dan pasti 1-2 orang masih ada yang belum tau tentang ilmu yang kita share.
  7. Jangan terpaku dengan iming-iming penghasilan dari internet
  8. Bila tujuan anda ngeblog cuma untuk mencari uang saja, saya rasa ini salah. soalnya kalo suatu saat tujuan (nyari duit) dari blog itu gagal mental kita akan semakin down untuk mulai ngeblog lagi. Saran saya sih, jadikan blog itu sebagai curahan ide-ide kreatif dan sarana berbagi ilmu tapi sambil nyari duit, jadi balance gitu. Walaupun anda sudah berhasil jadiin blog sebagai ladang penghasil uang jangan lupakan share ilmu anda, contoh ini bisa dilihat dari sosoknya Om Cosa, Oom, Bayu Mukti dan yang lainnya. walaupun penghasilan perbulan dari internetnya udah gede banget tapi tetep masih mau berbagi ilmu, inilah yang disebut netpreneur sekaligus blogger sejati
  9. Sambil memberi, harus menerima dan mencari juga
  10. Maksud saya adalah sambil anda memberi ilmu yang anda punya, jangan malu juga untuk belajar, bertanya dan mencari ilmu yang anda belum kuasai.
  11. Budayakan blogwalking
  12. Ini juga ga kalah pentingnya, selain sebagai salah satu cara untuk mencari traffik atau backlink, blogwalking juga bisa kita jadikan sebagai sarana silaturahmi antar sesama blogger. dari sana kita bisa punya temen baru kan?
hmm,.,. apa lagi yah? cukup segitu dulu deh, sekali lagi ini cuma pengalaman seorang newbie aja, dan yang pasti ini juga saya tujukan buat yang newbie juga, kalo buat para master mah ga perlu diragukan lagi kualitas ngeblognya, namanya juga master surprisedsurprised. kalo ada yang kurang mohon ditambahkan,.,

6 comments:

Anonymoussaid...

dulu swaktu yg baca blog saya cuman saya sendiri sempet kpikiran buat mundur dr dunia blogging..slaen krn waktu itu jg kerjaan lg hebat2nya...tp untunglah sekarang udah revival..bisa bikin duit lagi...ehehehehe...

Anonymoussaid...

Setuju bgt! Jangan pernah terpaku pada seberapa besar yg sudah kita hasilkan dari internet, karena kalo fokusnya uang dijamin bakalan berat ngeblog. So, blogging first, money later.

khotib said...

@tambenk: hehe semangat trus mas nyari duitnya

@Ecko: setuju juga mas,., blogging yg mesti di dhulukan,.,.

khotib said...

@tambeng: mas ko kalo saya ngeklik postingan di blog mas ga bisa yah? lagi pindah domain yah,.,.,

Anonymoussaid...

waa,, setujuh bgt nih mas... asal dibawa enjoy, ngeblog tu asik bgt deh :D

khotib said...

@blogger-holic: he'eh mas,., ngeblog emank asik,.,bisa saling tuker pikiran :D

Post a Comment

Kasih Comment na Dunk

 
My Blog is proudly powered by Blogger.com Design by Khotib