Plus Minus Wordpress self hosting dan Blogspot (menurut saya)

Pada awal pertama kali saya belajar ngeblog, ada beberapa platform blog yang saya coba (pastinya yang gratisan :D) mulai dari blogspot, wordpress (yg gratis dan self hosting) blogdrive, blog detik, blogsome, dan beberapa blog gratisan lainnya. Dari beberapa platform blog itu, saya lebih tertarik pada wordpress.org (self hosting) dan blogspot. Tapi entah kenapa saat itu saya malah lebih tertarik ngeblog di blogspot dari pada di wordpress. alasannya karena waktu itu saya ingin blog yang simple, gampang diotak-atik, dan banyak tutorial yang ngebahas tentang blogspot dari pada wordpress :D

Mungkin kali ini saya cuma mau ngebahas tentang blogspot dan wordpress.org, karena dua platform inilah yang saat ini sedang saya dalami :D. Okeh langsung aja deh saya tulis kelebihan dan kekurangan dari blogspot dan wordpress, ini murni dari pengalaman saya selama menggunakan dua engine blog ini, jadi klo ada yang salah mohom maklum yak :D

Kelebihan Blogspot :

Gampang utak-atik design.
Karena memang saya ini tertarik sama dunia pemrograman (tapi ga tau apa2 :D) jadi saya suka ngerubah-rubah theme sesuai keinginan saya, dan kebeneran script yang digunakan blogspot (menurut saya) lebih mudah dari pada wordpress karena lebih banyak menggunakan CSS dan HTML (dan java script sebagai pendukung) jadi saya dengan lebih leluasa untuk ngerobah tampilan blog.

Ga perlu mikirin hosting/bandwidth/space :D
ya, karena hosting di blogspot "hampir" serba unlimited jadi saya ga perlu dipusingkan dengan space yang kecil, bandwith limited dll. saya katakan "hampir" karena untuk space gambar kita tetap dijatah (berapa ya?? lupa :D)

Free
ini udah pasti pada taulah ya :D

Kekurangan Blogspot :

Struktur permalink ga bisa dirubah.
Permalink cukup berperan penting dalam hal SEO, tapi sayangnya permalink blogspot tidak bisa kita optimasi karena sudah paten dengan strukturnya sendiri.

Kadang suka was-was blog dihapus :D.
karena database blogspot tidak bisa kita jamah, ya jadi siap2 deh klo suatu saat blog kita dihapus oleh blogspot secara sepihak tanpa ada backup dari isi content kita. emank sih ada fasilitas eksport, tapi menurut saya kurang maknyus buat backup :D

Ada beberapa fungsi script yang ga bisa dirubah.
ini yang saya kurang suka, karena ada beberapa fungsi dari script bawaan blogspot yang ga bisa dirubah semau kita, seperti ketika saya mau memanipulasi widget feed untuk blog lirik dan chord saya (klo dijabarin panajng nih :D) tapi saya ga nemu caranya.

Ga bisa pasang scrip PHP
ini kaitannya sama monetesi sih :D karena ada beberapa broker (biasanya paid link) yang menggunakan script PHP jadi bagi pengguna blogspot cuma bisa manyun karena ga bisa ikut program monetesi itu :(

ga bisa bikin static page.
mungkin ga begitu pengaruh, tapi untuk beberapa kasus static page punya kelebihan sendiri, dan ini yang ga dipunyai blogspot.


Kelebihan Wordpress (self hosting)

punya hak penuh atas database.
punya database yang bisa kita akses sendiri bisa sedikit mengurangi kegelisahan kita atas hilangnya content, walaupun banyak kasus serangan hacker atau hosting yang bermasalah, namun menurut saya ini jauh lebih baik asal kita punya daily backup aja.

Bisa menggunakan localhost
ini enaknya platform cms termasuk wordpress. kita bisa utak-atik design, menyiapkan posting, dll. melalui localhost, tentunya akan sedikit mengurangi beban akses internet terutama bagi pengguna warnet atau internet yang limit.

support PHP.
ini kebalikan dari kekurangan blogspot diatas :P

Manipulasi function script.
inilah enaknya wordpress, kita bisa mengatur tampilan/design/kategori dll semau kita, tentunya harus punya pengetahuan PHP ya :D

Permalink yang bisa diatur
ya udah taulah, ini kaitannya sama kekurangan blogspot yang diatas tadi :D

Banyak plugin
plugin bisa menambah daya dongkrak SEO, kita bisa menambah plugin2 yg kita mau, selain buat SEO, plugin2 itu juga bisa digunakan untuk beberapa kasus, misalnya buat online store, dll.

Apa lagi ya??? masih banyak sih, tapi yang ada diotak ko cuma itu ya :D ada yg mo nambahin??

Kekurangan Wordpress

Riskan serangan hacker.
entah mengapa dari banyak kasus blog yang dihack kebanyakan wordpress dari pada blogspot. mungkin ini kaitannya sama keamanan dari blog kita sendiri kali ya.

perlu hosting.
walaupun sekarang banyak hosting gratis, namun hosting gratis banyak kekurangannya walaupun ada beberapa free hosting yang menurut saya lumayan. klo bicara tentang hosting tentunya bekaitan dengan bandwidth, space serta kualitas servernya.

Mungkin itu sedikit gambaran saya tentang kedua platform ini. sekali lagi ini cuma pendapat saya saja, tentunya anda boleh beda pendapatlah :D walapun yang saya tullis lebih banyak kelebihan wordpress dari pada blogspot, tapi bagi pengguna blogspot ga usah berkecil hati, karena bila dioptimasi secara benar, blogspotpun bisa sangat baik hasilnya. so, semua keputusan ada ditangan anda :D

6 comments:

Anonymoussaid...

hello... hapi blogging... have a nice day! just visiting here....

Jefri Budianto said...

jadi menurut sob lebih baik mana?

d'amateur said...

kalo saya milih hosting di blogspot, tapi rencananya sih mau bikin blog berengin wordpress..

acacicu said...

Oh, gitu ya? Thx infonya;

Anonymoussaid...

kenapa ga coba pakai joomla ?

One Milyar said...

wordpress self hosting saya pernah pakai dan dihack ..padahal perjuangan selama 8 bulan musnah sia sia..mnding pake blogspot..itu klo opini saya lho..

Post a Comment

Kasih Comment na Dunk

 
My Blog is proudly powered by Blogger.com Design by Khotib